Tuesday, 23 April 2019

Keunggulan Gajian Sistem Payroll


Apakah yang dinantikan seorang karyawan setiap bulannya? Tentu saja gaji. Sementara bagi sebuah perusahaan gaji merupakan hal yang paling sensitif untuk dihitung setiap bulannya. Sedikit saja kesalahan yang terjadi akan berdampak bagi kinerja pegawai dan perusahaan. Pada masa sekarang ini sistem penggajian karyawan sudah semakin canggih. Mulai dari menggunakan Microsoft excel sampai beberapa aplikasi memudahkan yang lebih canggih yaitu software payroll.

Penggajian dengan aplikasi

Pada saat sistem komputer belum terlalu canggih dan digunakan secara luas seperti sekarang, beberapa perusahaan kewalahan dalam menghitung gaji karyawannya. Bayangkan saja bagaimana HRD sebuah perusahaan harus mengihung gaji dari ratusan atau ribuan karyawan secara manual dan pembayaran pun tunai. Tentu saja hal ini sangat menyulitkan mereka.

Pada masa sekarang ketika komputer bukan lagi alat yang sulit untuk digunakan sudah sewajarnya perusahaan juga beralih menggunakan komputer untuk melakukan berbagai hal yang berhubungan dengan operasional kantor dan karyawannya. Bagian HRD kini sudah bisa bekerja dengan lebih cepat dengan adanya komputer dan aplikasi yang mendukung.

Perusahaan biasanya akan menghitung gaji, uang makan, uang transport, dan uang saku karyawannya berdasarkan kehadiran karyawan tersebut dalam satu bulan. Dengan adanya aplikasi seperti software payroll ini maka perusahaan tinggal menginput kehadiran karyawannya, target kinerja, dan pertimbangan lain dalam penggajian kemudian sistem yang akan menghitung berapa besaran yang akan diterima karyawan tersebut setiap bulan.

Software payroll memudahkan perusahaan dan membantu karyawan dari kesalahan hitung jika dilakukan secara manual. Tentu saja aplikasi ini akan menguntungkan bagi kedua belah pihak baik karyawan maupun perusahaan. Jika penghitungan menggunakan aplikasi kecurangan yang mungkin dilakukan oleh bagian HRD lebih bisa diminimalisir. Sehingga karyawan pun lebih merasa aman karena penghitungan lebih tersistem.

Pembayaran Gaji

Penghitungan gaji sudah dilakukan menggunakan aplikasi, maka pembayaran gaji pun sudah tidak manual lagi. Pada masa sekarang ini pembayaran gaji sudah bisa dilakukan secara langsung ke rekening karyawan. Apapun rekening bank yang dimiliki oleh karyawan tersebut, perusahaan bisa langsung melakukan pembayaran tanpa harus bertemu dan memberikan langsung dalam bentuk uang tunai.

Bagi karyawan hal ini sangat menguntungkan karena kalau pembayaran dilakukan secara tunai biasanya bendahara yang membayarkan gaji sering meminta upah atas pembayaran gaji yang diterima karyawan. Tentu hal ini sering menjadi masalah yang umum terjadi pada perusahaan. Dengan adanya aplikasi dan sistem payroll setiap rupiah yang diterima karyawan ditransfer secara utuh kepada karyawan tersebut. Bahkan slip gaji juga bisa diberikan untuk memperlihatkan rincian penghasilan dan pengurangan yang dimiliki setiap karyawan.

Sistem penghitungan gaji sudah dilakukan secara otomatis dengan aplikasi, maka slip gaji online bukan merupakan hal yang rumit. Dengan adanya slip gaji online, karyawan bisa langsung melihat berapa rincian gaji yang didapatkannya. Hal ini juga bisa memberikan motivasi bagi mereka untuk meningkatkan kinerjanya pada bulan yang akan datang. Jika ternyata terdapat banyak potongan akibat ketidakhadiran maka bulan berikutnya karyawan akan termotivasi untuk selalu hadir setiap harinya. Jika pemotongan paling banyak akibat keterlambatan maka karyawan tersebut akan termotivasi untuk datang lebih cepat dari jam kerja yang sudah ditentukan.

Berbagai kemudahan ini akan dinikmati oleh perusahaan dan karyawan secara langsung karena keuntungan yang dirasakan lebih banyak dibandingkan sistem manual yang dilakukan pada masa yang lampau. Saat ini sudah saatnya transparansi penggajian antara perusahaan dan karyawan terlaksana dengan baik, sehingga tidak ada pihak yang merasa dirugikan pada saat karyawan menerima gaji sebagai tanda hak yang diterima setelah melakukan kewajibannya.

x

No comments:

Post a comment