Sunday, 10 June 2018

Si Ujung Tombak Statistik

BPS, Badan Pusat Statistik.
Instansi yang sudah memenuhi kebutuhan hidupku sejak aku masih di dalam kandungan sampai sekarang.

Bukan bermaksud terlalu melebih-lebihkan tapi memang begitu kenyataannya. Bagaimana tidak, punya Bapak yang seorang pensiunan pegawai BPS dan sekarang aku pun kerja di BPS. Jadi pas sekali ungkapan itu kan ya.

Bapakku seorang KSK, Koordinator Statistik Kecamatan. Dahulu dikenal dengan sebutan Mantis,  Mantri Statistik. Sedikit banyak sejak dulu aku sudah tahu kerjaan BPS itu seperti apa.  Kegiatan BPS tidak pernah lepas dari yang namanya sensus dan survei, dan seorang KSK adalah petugas pengumpul data yang langsung berhubungan dengan responden.

Wajar kalau sekarang KSK dikenal sebagai ujung tombak kegiatan statistik. Bagaimana tidak, sebagus apapun metode statistik yang dirancang akan menjadi percuma jika KSK tidak bekerja sesuai dengan yang seharusnya.

Dari dulu Bapak sering cerita bagaimana keluh kesahnya menjadi seorang KSK. Kalau cerita ditolak responden sudah biasa. Makanya dulu Bapak selalu curhat

"Bapak ga mau jadi KSK di daerah perkotaan, orang kota kesannya sombong. Kalau mendata ke lapangan lebih enak berhadapan dengan orang di pedesaan. Bisa sehari survei, kekenyangan minum teh manis karena tiap berhenti di rumah penduduk disuguhkan minum. Kalau di kota, jangankan minum pagarnya saja ga terbuka".

Cerita yang paling berkesan di ingatanku adalah ketika dulu ada pendataan P4B (lupa kepanjangannya) untuk pemilu, Bapak pulang bawa buku besar mirip buku akuntansi. Isinya ada pas foto dan data diri banyak perempuan. Waktu itu aku ditugaskan Bapak mengisi kuesioner P4B dengan data-data di dalam buku itu. Berdasarkan ceritanya Bapak mereka adalah PSK (Pekerja Seks Komersial)  yang tinggal di Bandar Baru.

Kata Bapak "beginilah kerjaan KSK, kadang dilema antara melaksanakan survei sesuai aturan atau disangka mau berbuat aneh kalau tiap hari datang ke sana". Berdasarkan hitungan Bapak kalau Beliau wawancarai semua PSK satu per satu maka akan selesai paling cepat 3 hari. Tapi kalau tiap hari ke sana entahlah apa yang bisa terjadi.  Akhirnya Bapak minta data mereka ke mucikarinya dan dikasihlah buku besar tadi. Jadi bisa dibayangkan ada berapa orang yang ada di sana.

Kenyataannya si ujung tombak kegiatan statistik harus sering mengalami banyak kegalauan, itu hanya satu contoh dari banyak dilema lain yang dialami KSK.
Jadi rasanya wajar mereka yang sudah berjuang diberi penghargaan khusus.  Bukan melulu soal materi, perhatian dari pimpinan dan bantuan semangat dari rekan kerja pasti sangat membantu mereka.

Untuk kamu yang baca tulisan ini, tolong jangan remehkan pekerjaan mereka. Kalau masih banyak tunggakan pekerjaan tanya apa masalahnya, bantu menyelesaikannya, dan beri waktu untuk mereka. Jangan berikan ancaman kalau pekerjaan sering terlambat tapi berikan telinga yang siap mendengarkan. Karena sering kali mereka hanya butuh didengarkan dan diberi tambahan semangat.

Untuk KSK si ujung tombak kegiatan statistik, tetap semangat karena percayalah setiap masalah ada solusi. Kalau plan A gagal coba plan B sampai plan Z atau bahkan plan AA,  AB dan seterusnya.

Terakhir, semoga almarhum Bapak bisa bangga anaknya ada yang kerja di BPS.  Karena itu cita-cita Bapak dari dulu.  Kami 6 bersaudara dari mulai Abang paling besar sudah didorong untuk ambil jurisan IPA dan nanti ikut ujian masuk Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS).

Tapi tidak berjalan mulus, ada yang sudah ikut ujian tetapi berdoa supaya tidak lulus, ada yang sudah berjuang keras tapi tidak lulus, ada yang ketinggalan waktu pendaftaran. Dan aku si anak bungsu yang jadi percobaan terakhir, lulus cadangan dan Bapak harap-harap cemas akankah dipanggil untuk menggantikan orang lain atau tidak.

...



Tulisan ini didedikasikan untuk grup #PerempuanBPSMenulis untuk memenuhi tantangan menulis dengan kata kunci Ayah, Statistik,  dan Survei.

Thursday, 24 May 2018

Hati-hati dengan bahaya rambut rontok

Rambut adalah mahkota wanita, sepertinya peribahasa itu yang dari jaman dahulu sering kita dengar baik di sekolah maupun di rumah. Menurut aku, dengan adanya rambut kepala dari lebih terasa adem. Bayangin kalau kita botak lalu kena sinar matahari langsung pasti kepala langsung nyut-nyutan.

Fakta Rambut.

Rata-rata, kita kehilangan lima puluh sampai seratus rambut sehari, kemudian akan tumbuh rambut baru yang akan menggantinya.
Dan berikut adalah beberapa fakta tentang rambut.


Beruntungnya aku jadi wanita asia ya, karena rambut kita lebih cepat tumbuh dan punya elastisitas yang terbaik. Pantesan kalau ngeliat rambut bule yang pirang tapi kok sepertinya tipis dan ringkih.

Tips mencari tahu jenis rambut

Saat kita melakukan perawatan rambut kita harus tahu dulu jenis rambut kita supa produk yang kita gunakan tepat dan mendapatkan hasil maksimal. Jadi ga mal praktik ya dengan produk-produk perawatan rambut yang beredar di luaran sana.

Berikut adalah cara mencari tahu jenis rambut:

  1. Cuci rambut dengan shampoo seperti keramas biasa lalu keringkan.
  2. Ambil selembar tisu lalu lakukan tekanan pada bagian tengah, belakang, dan samping kepala.
  3. Jika terdapat minyak pada tisu, maka rambut kita termasuk tipe rambut berminyak. kalau tidak terdapat minyak pada tisu artinya jenis rambut kita adalah rambut kering.
  4. Tapi jika rambut kering, namun kulit kepala berminyak maka jenis rambut kita adalah rambut kombinasi.


Sudah coba cara di atas tapi ngga ternyata rambut kamu sering rontok?

Rambut rontok biasanya disebabkan karena faktor genetik yang diwariskan dari ayah atau ibunya. Kondisi ini disebut androgenetic alopecia. Ada juga rambut rontok yang disebabkan karena kurangnya nutrisi seperti kekurangan protein, ketidakseimbangan hormon, kondisi kesehatan secara khusus, atau kesalahan dalam merawat rambut juga bisa menyebabkan kondisi ini.

Cara merawat rambut rontok :
- Penuhi Nutrisi (Protein, omega 3 dan zat besi)
- Hindari penggunaan alat penataan rambut
- Hindari stress
- Pilih produk yang tepat

Produk Oriflame yang paling tepat untuk rambut rontoh adalah Hair X Advance Neo Force

Hair X Activator Fortifying 


Hair X Activator Fortifying adalah sistem 3-langkah dengan Activating Plant Extract yang membantu rambut agar tampak tebal dan bervolume dengan cara menstimulasi pertumbuhan alami rambut.


- Langkah 1 Bersihkan sebum belebihan dan sisa-sisa polusi dari kulit kepala dengan melakukan keramas seperti biasa.

- Langkah 2 Stimulasi. Semprotkan pada rambut lembab dan tata seperti biasa dengan menggunakan hair tonicnya.

- Langkah 3 kembangkan. Semprotkan pada rambut lambab dan tata seperti biasa tips : Blow-dry untuk volume extra. Hal ini bisa dilakukan jika akan pergi ke suatu acara yang membutuhkan penampilan rambut yang lebih sehat.


Selamat mencoba.

Untuk konsultasi lebih lanjut klik di sini ya.

Kunjungi juga Bisnis Jaman Now

Thursday, 10 May 2018

Bisnis Jaman NOW itu Oriflame

Semangat Pagii..


Perkenalkan saya Adelina, seorang pekerja kantoran yang juga berbisnis Oriflame.

Oriflame adalah perusahaan kecantikan dengan sistem online terbaik saat ini. Sejak menjalankan bisnis oriflame banyak keuntungan yang saya dapatkan, mulai dari Penghasilan bulanan, berbagai produk menarik, hidup yang semakin baik, teman-teman yang saling membangun secara positif dan masih banyak lagi.

Sebagai konsultan oriflame kamu akan mendapatkan:

  1. Katalog
  2. Buku Panduan
  3. Support Sistem Online
  4. Pembinaan 
Semuanya akan saya bimbing secara langsung sampai bisa. Bisa melakukan hal yang sama seperti yang saya lakukan. Sampai bisa mendapatkan penghasilan seperti yang saya dapatkan juga. Ini nih aku kasih lihat tabel bonus oriflame yang bisa kamu dapatkan. Ini minimal loh yaaa.. sampai ratusan jutak juga bisa.


Modal Awal


Nahh kalau ditanya berapa modal awal untuk menjalankan bisnis ini maka saya akan jawab bisa 300rb / GRATIS. Modal awal 300rb dibutuhkan untuk belanja pertama kali sehingga kamu tidak perlu membayar uang daftar yang normal nya adalah 49.900 rupiah. Dengan melakukan order pertama kali senilai 300rb kamu akan mendapatkan beberapa produk oriflame yang bisa kamu pakai sendiri atau dijual kembali ke orang lain.

Itu sebabnya aku jawab modal awalnya bisa GRATIS karena yang dibutuhkan adalah modal KERJA CERDAS. Oleh karena itu Yuuk tanya saya di WA 08116323002 atau klik aja langsung di sini
Mau mendapatkan penghasilan minimal 7jt per bulan kan ya?

Bisnis oriflame bisa dikerjakan siapa saja laki-laki atau perempuan bisa, asalkan usianya minimal 17 tahun. 
Apapun profesi kamu:

  • Pekerja Kantoran
  • CLeaning Service
  • PNS
  • Pegawai swasta
  • Anak Kuliahan
  • Pengangguran apa lagi

Boleehhh banget gabung di bisnis oriflame. Udah bosan kan ya punya hidup yang gitu-gitu aja, yuukkk
Isi data diri kamu di bawah ini dan Saya akan membantu kamu mendapatkannya.

Informasi lebih lanjut hubungi

Adelina Octavia
Konsultan Independen Oriflame
whats app: 0811 632 3002

email: via2410@gmail.com


Facebook: www.facebook.com/adelinasih

Kontak Saya

Email: via2410@gmail.com
Phone: 0811 632 3002 (SMS/Whats app Only)
Facebook: adelina octavia sihombing
Medan-Sumatera Utara

Personal Branding nya Kang Arul

Personal branding, merupakan istilah baru yang kukenal ketika mulai menggeluti dunia bisnis online beberapa tahun yang lalu. Istilah ini jadi akrab di telinga karena pernah dapat training yang bilang kalau seseorang itu harus punya personal branding kalau mau dikenal sebagai seseorang dengan jati dirinya sesuai yang dimaui.

Karena itulah waktu di Whats App Grup nyebarin poster seminar nya kang arul jadinya niat buat join grup dan ikut seminar itu deh.



Whats App Grup (WAG) "Perempuan BPS Menulis" itu sendiri merupakan wadah dengan foundernya mba Nurin yang berisikan perempuan-perempuan BPS dari seluruh indonesia. di WAG ini bisa belajar banyak hal tentang menulis dan salah satunya adalah seminar nya Kang Arul dengan tema Personal Branding dan Kekuatan Media Sosial ini.

Seminarnya kemarin sih pas tanggal 28 April, tapi aku baru bisa baca dengan lengkap beberapa hari kemudian. Kebiasaan kalau di rumah susah sinyal jadinya setelah pesan masuk bisa langsung ratusan udah ngga bisa lagi konsentrasi baca pesan satu per satu.

Oh iya aku baru sadar sepertinya mulai dari pertama punya blog ini (Postingan pertama yang singkat) aku tidak pernah menyinggung tentang peran ku sebagai ASN di Instansi tercinta Badan Pusat Statistik (BPS). 😊😊😊😊😊
Ini hal pertama yang aku sadari waktu ikut seminarnya Kang Arul. Bagaimana BPS mau dikenal kalau ASN nya aja ga pernah ngomongin tentang BPS di dunia maya baik itu blog ataupun media sosial.

Efeknya tentu saja, masih sering ngalamin kalau ditanya kerja dimana jawabnya di "kantor statistik" bukan di BPS. karena kalau jawabnya kerja di BPS pasti tanggapannya bisa macam-macam.

Misalnya ... "oooh kerja di BPJS"
"BPS?? apa itu?"

atau bahkan ada yang cuek karena memang ngga tau dan ngga mau tau apa itu BPS. Sepertinya ini yang paling pedih deh.

Berkat seminarnya Kang Arul kemarin juga jadi ngebatin untuk mulai rajin posting tentang BPS agar internet mulai kenal kalau BPS yang dikenalkan itu adalah BPS nya Badan Pusat Statistik bukan BPS atau BPJS yang lain.

Masih berharap bisa banyak belajar lagi di WAG nya "Perempuan BPS menulis" ini. Semoga ke depan semakin banyak materi yang berguna jadi tambahan ilmu baru. Biar ga bosen ngomonginnya survei BPS melulu.

#GerakanCintaData
#BadanPusatStatistik
#PerempuanBPSMenulis
#MenulisAsyikDanBahagia

Monday, 2 April 2018

Sekarang ga takut senyum lagi.

Pernah ketemu orang yang takut senyum?

atau kalau lagi makan mulutnya dirapetin?

mungkin dia merasa minder karena giginya kuning, trus apa lagi kalau ada karang giginya.
Nahhh sekarang ga usah minder lagi ya. karena Oriflame mau kasih solusi nih.

Sudah pernah dengar dengan  Optifresh dari oriflame ???

kali ini saya akan berbagi tips tentang cara merawat Gigi agar tetap sehat dan Cerah.

Satu hal yang perlu kita ketahui adalah Kesehatan gigi dan mulut sangat penting karena
gigi dan gusi yang rusak dan tidak dirawat akan menyebabkan rasa sakit, gangguan pengunyahan dan dapat mengganggu kesehatan tubuh lainnya.


Mulut merupakan suatu tempat yang sangat ideal bagi perkembangan bakteri.
Bila tidak dibersihkan dengan sempurna, sisa makanan yang terselip bersama bakteri akan bertambah banyak dan membentuk koloni yang disebut *plak*, yaitu lapisan film tipis, lengket dan tidak berwarna.
Menyikat gigi adalah cara untuk membersihkan kotoran lunak pada permukaan gigi dan gusi.

Sunday, 14 January 2018

Mimpi Buruk Kuretase

Senin, 15 Januari 2018
Hari pertama ikut apel pagi lagi setelah absen beberapa waktu.
Semacam terlalu mendramatisir yak. tapi jujur rasanya beda sekali karena sempat beberapa saat ga ikutan apel dan senam pagi karna lagi hamil

29 Desember 2017 jadi mimpi buruk kedua ku ketika malam natal pas lagi di gereja aku ngeflek dan dokter bilang janin nya udah rusak jadi harus kuret. Pas dokternya bilang "udah rusak ini nang, kita buang ya. ga berkembang dia detak jantung juga ga ada. Gambar dari usg nya janin nya seperti mencar." Rasanya hancur banget ga tau mau jawab apa pas dokternya tanya mau masuk RS mana.

Mimpi buruk pertama terjadi di paskah 2015 di saat orang-orang ke gereja ngerayain paskah, aku berdua sama suami di RS nunggu bukaan untuk kuretase. 

Jadii kalau dipikir-pikir harusnya aku udah punya anak 3 nih namanya paskah, mikha, dan natal. 😂

Sebenernya aku buat tulisan ini mau sharing aja 2 kali kuretase yang kualami 2 dengan rumah sakit berbeda dan metode yang berbeda. 

Kuretase pertama

Kalau yang pertama ini ceritanya masuk RS langsung diinfus dan dishinto. Terus perawatnya rajin nanya udah mules belum, udah ada sakit-sakit ga perutnya. dan aku selalu jawab "ngga"  karena emang ga berasa apa-apa akunya. Setelah di shinto beberapa jam aku ke kamar mandi dan berasa ada yang keluar dari vagina. Bentuknya seperti jaringan lembek gitu, langsung panggil suster dan tunjukin. Pas dicek ternyata udah bukaan 2 dan siap dikuret katanya.

Segalanya disiapin lah itu besi-besi peralatan krantang-kruntung kedengaran tapi ga tau bentuk nya apa karena posisi ku udah tiduran dan di kasih tirai di atas dada jadi ga bisa ngeliat.
Proses kuret nya langsung cepet banget tapi sakitnya ampunn. Ga ada bius di awal, tapi aku inget ada yg disuntikin pas alat kuret mau masuk. Jadi ga perlu dibayangin sakitnya gimana bikin mimpi-mimpi sampe beberapa minggu.

Selesai kuret langsung disuruh bangkit dari tempat tidur dan pindah ke ruang rawat inap dan sebenarnya udah bisa langsung pulang.

Kuretase kedua
Berhubung udah trauma kuret yang pertama di RS itu, jadi langsung beralih dan pilih rumah sakit yang satunya. Padahal nangis pertama kali itu pecah lebih bukan karena kehilangan janin tapi sakitnya kuret yang pertama. ampunnn Tuhan.. 

Di RS kedua pas ketemu bidan-bidan nya kan ditanyain macem-macem dan dijelasin beberapa surat. Nah aku langsung heran pas susternya jelasin prosedurnya, "nanti ibu akan dipasangin laminaria gitu untuk ngebuka jalan lahir. trus beberapa jam kemudian baru dikuret dan bius total bu. karena ibu nanti ga sadar akan ada beberapa prosedur yang mesti kami lakukan
Aku langsung tanya dong kenapa bius total dan kenapa dulu di RS satunya ndak gitu. Tapi susternya ga tau jawabannya karena semua yang dikuret di RS ini selalu bius total jadi dia ga punya penjelasan. 

Dalam hati sedikit lega karena ternyata bius total jadi ga ngerasain pas dimasukin cocor bebek dll nya. 

Tapiiiii itu hanya sebentar leganya, karena si suster nyinggung laminaria dan itu dimasukin lohhh ke dalam. Susternya bilang sih ga sakit yaa tapi aku bener-bener ga percaya. Langsung borwsing apaan sih laminaria itu. Pas baca-baca makin lah kecut ternyata tetep aja itu bakal berasa banget. 
Dan bener aja pas pemasangan laminaria mulai deh mana susternya udah masukin cocor bebek trus keluarin ternyata belummmmm cocor bebeknya mau diganti lagi yang lebeh gede. Makkkk rasanya di situ pengen nendang tuh bidan deh tapi apa daya sakit lebih berasa dari pada emosi. Jadi pas laminaria berhasil masuk posisinya udah keringet dingin, air mata ngucur, tangan dan muka kebas karena nahan sakitnya.

Proses kuretasenya sendiri malah ga berasa, namanya juga bius total pas sadar udah selesai aja. dengan posisi badan masih belum bisa digerakin. yang berasa cuma kram perut yang sakit banget seperti lagi hari-hari pertama menstruasi.




Berharap catatan blog ini mengingatkan ku betapa berharganya nyawa manusia, bahkan janin sekalipun. Dan benar-benar ga habis pikir sama perempuan di luar sana yang sengaja menggugurkan kandungannya atau membuang bayi yang dilahirkan nya atau membunuh bayi nya.
Karna wanita itu ga pernah melihat ke dunia luar dimana ada banyak pasangan yang menantikan punya anak, sampai melakukan berbagai macam cara dan bahkan ada yang sudah berusaha tapi belum berhasil juga. Dan wanita itu ga pernah tau kalau nyawa itu ga bisa ditukar dengan apapun.


Buat teman-teman wanita yang baca blog ini dan masih berharap dan berusaha. SEMANGAT...
Karena hidup layak untuk diperjuangkan.